Mahar nikah atau yang biasa disebut mas kawin adalah salah satu syarat dilaksanakannya pernikahan, karna pernikahan itu biasanya dilakukan sekali dalam seumur hidup (karna ada juga yang menikah lebih dari satu kali) maka wajar ketika seseorang ingin proses pernikahan mereka itu spesial dan akan selalu diingat.
Mulai dari rangkaian acara pernikahan yang dibuat sedemikian rupa agar terlihat menarik, memakai baju pernikahan sesuai adat, bahkan menghias mahar yang akan diberikan sebagai simbolis seperti melipat uang menjadi bentuk bunga yang disusun di dalam frame yang menarik, atau dibentuk menjadi miniatur rumah/istana yang megah dan bentuk-bentuk menarik lainnya.
Tapi taukan kamu, kalau melipat uang mahar (kertas) itu dilarang dan menyalahi aturan undang-undang ?

Dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2011, pasal 35 berbunyi : “Setiap orang yang dengan sengaja merusak, memotong, menghancurkan dan/atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan rupiahsebagai simbol negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 25 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 1.000.000.000 (satu miliar rupiah)”.

Nah sudah jelas bahwa melipat, dilem atau bahkan sampai dicoret-coret adalah tindakan melanggar peraturan dan ga diperbolehkan. Tapi bukan berarti kita ga boleh menggunakan uang kertas untuk dijadikan mahar ya…Agar kita bisa tetap menggunakan uang kertas dan menyusunnya dengan indah tanpa menyalahi aturan negara, ini dia trik-trik yang bisa kalian lakukan.

1. Kalo kalian tetep pengen membuat hiasan atau dekorasi yang harus dilipat atau dibentuk, maka uang mainan bisa jadi solusinya…

kreasi uang mainan hipwee.com

Meskipun menggunakan uang mainan tapi bukan bermaksud main-main ya…ini hanya sebagai simbolis saja yang diberikan kepada mempelai wanita, nanti mempelai pria juga akan memberikan mahar atau uang asli kepada mempelai wanitanya…harus yaa !

2. Tanpa dilipat juga kita bisa bikin hiasan yang bagus, contohnya dibuat seperti kipas tangan ini.

tanpa dilipatpun bisa hipwee.com

Menyusun uang dengan cara ini juga ga akan melanggar aturan ya…banyak ide-ide kreatif lain yang bisa dibikin menjadi hiasan mahar yang menawan tanpa harus melipat atau mengubah bentuk uang itu sendiri.

3. Menggunakan uang koin, kita bisa menggunakan uang koin yang di susun sedemikian rupa menjadi hiasan yang sangat menarik.

kreasi uang koin hipwee.com

Ga hanya uang kertas yang bisa dijadikan mahar, uang logam juga bisa dong… selain agar kita ga menyalahi aturan, mahar uang logam ini ga biasa, jarang-jarang orang menggunakan mahar uang logam. Kamu bisa menata uang logam menjadi gambar atau sketsa wajah kedua mempelai, waw…

4. Gunakan beberapa uang saja sebagai perwakilan, sisanya bisa diberikan lewat amplop.

simbolis mahar hipwee.com

 

Kalo uang mahar yang mau kita kasih itu berjumlah banyak, bahkan sampe bingung mau di hias seperti apa. Maka ga ada salahnya kita berikan beberapa lembar saja sebagai tanda penyerahan mahar, sedangkan sisanya kamu kasih setelah selesai akad. Tinggal kamu kasih aksesoris agar kesannya ga datar aja.

Itu dia cara menyiasati agar kita tetap bisa menghias mahar uang yang dihias tapi tidak menyalahi aturan, sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Kembali ke kretifitas kalian masing-masing ya…semoga cara-cara diatas bisa menjadi inspirasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here