Hati-Hati! 5 Modus Penipuan Online Ini Sangat Banyak Memakan Korban Sampai Ketipu Puluhan Juta, Waspadalah!

0
161

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di dunia, khususnya di Indonesia, modus-modus penipuan pun semakin marak dan canggih…yang bakal bikin kamu seolah terhipnotis dan langsung percaya. Ternyata bukan cuma modus gombal percintaan aja yang bisa bikin kamu luluh dan percaya, modus penipuan ini lebih berbahaya sob.

Emang apa coba untungnya dari nipu orang ya, yang ada malah ga tenang…udah jelas bukan hak dia, malah nanti bisa celaka. Mudah-mudahan para penipu kaya gini bisa cepet di tangkep dan di penjarain, biar pada kapok !

Kali ini kita akan bahas beberapa modus penipuan yang marak dan sering terjadi dan biasanya sering terjadi di transaksi online, agar kita bisa lebih teliti dan hati-hati kalo nanti kita kena modus gini, jangan sampe kita nyesel…udah keluar duit tapi malah dimodusin, barangnya rusak lah beda sama deskripsi atau malah kita ga terima barang sama sekali…oke cekidot !!!

1. Deskripsi atau detail barang yang bikin bingung, kaya kode dari si Doi

Redmi note 3s versi Nvidia GTX ? :v
https://www.brilio.net/news/penipu-online-shop-ini-malah-ditipu-balik-calon-korbannya-skak-mat-1601097.html

Sob biasanya ketika kita tanya detail barang ke seller penipu jawabannya kadang biking kita bingung, atau detailnya ga lengkap bin ga jelas, nah kamu harus lebih hati-hati lagi sob, tanyain se rinci mungkin detail barang yang mau kamu beli…kalo jawaban si seller terlihat seperti menutup-nutupi ato bahkan ngaco sebaiknya cari seller lain.

2. Zaman sekarang semua bisa di bikin fiktif sob, contoh nya resi pengiriman fiktif ini

ilustrasi resi https://www.kompasiana.com/eunice/jne-sang-penghubung-kecamatankecamatan-setanah-air_54f3dbf47455139f2b6c81c0
Untuk dapat mendapat kepercayaan konsumen, maka harus ada bukti pengiriman atau resi. Nah modus ini penjual akan mengirimkan resi fiktif, misalkan kamu diminta ongkir pengiriman dari Surabaya, tapi resi yang diterima adalah kode pengiriman ke kota lain.
Setelah itu penjual tersebut akan menyamar sebagai agen pengirim barang dan mengirimkan SMS konfirmasi barang telah sampai dan aman. Ini bertujuan agar kita meng klik tombol konfirmasi di web si penjual.

3.  Nah setelah kita terima resi, kita pasti di suruh transfer via ATM. Hati-hati dengan no rek yang terlihat sama tapi sebenernya beda

http://blog.bajuyuli.com
Modus ini adalah modus para hacker, yang mempunyai nomor rekening yang hampir sama dengan no. rek asli penjual. Setelah kita pesen barang kita bakal di suruh konfirmasi dan di kasih no rekening, nah pada saat yang sama penipu akan mengirimkan SMS yang berisi no rekening yang hampir sama dengan no rek asli penjual.
Kalo pembeli ga teliti, maka uang kamu bakal lenyap gitu aja !

4. Kalo tiba-tiba Costumer Service nge chat japri/nge chat pribadi, hati-hati itu tanda penipuan

CS nya suka kali, jadi pengen pdkt… https://iprice.co.id/

Nah modus penipuan jenis ini biasanya pishing. Suka mengincar kelengahan konsumen biasanya menggunakan link yg ga dikenal.
Contohnya kita melakukan transaksi di web online shop, lalu kita berdiskusi lewat fitur chat yang disediakan, lalu kemudian kita melakukan transaksi dan konfirmasi pembayaran. Tapi malamnya tiba-tiba si CS tersebut nge chat pribadi ke kita, isinya konfirmasi pesanan dan link aktivasi email…kalo kita dapet chat langsung dari CS itu patut diwaspadai, apalagi dia menyertakan link keluar. Kalo kita ga teliti dan klik link tersebut untuk mendapatkan data user dan paswor email yang nantinya bakal digunakan untuk login ke akun kita, sehingga penjual bisa nge hack seolah-olah kita udah konfirmasi barang diterima, pdahal kan belum.

5. Buru-buru beli dan kirim uang, tapi barang malah ga nyampe-nyampe

yang sabar ya le https://alimancenter.com/artikel/orang-yang-menyesal/

Kejadian seperti ini biasanya terjadi ketika pembeli melihat harga miring yang di tawarkan oleh penjual dan buru-buru melakukan transaksi sampai ke pembayaran, padahal kita ga tau jelas kepada siapa kita beli barang dan transfer uang kita ? yang akhirnya barang yang kita pesen ga pernah kita terima dan uang kita melayang gitu aja…

Makannya sob, kita harus selalu waspada dan hati-hati terhadap modus-modus penipuan seperti itu…dan selalu curiga pada aktifitas transaksi yang menurut sobat ga biasa, agar kita bisa terhindar dari para penipu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here