Seberapa Seringkah Kamu Harus Keramas? Inilah Jangka Waktu yang Tepat!

0
68

Untuk masalah keramas, biasanya orang-orang melakukannya ketika kepala sudah terasa koto atau gatal.

Ada yang memilih jarang mencuci rambutnya didasari alasan tertentu. Ada pula yang memilih tidak keramas sama sekali. Bahan kimia yang berperan membereskan kotoran dari area kepala adalah surfaktan. Sedangkan busa melimpah yang berfungsi mengurangi minyak berasal dari senyawa sulfat. Di satu sisi sulfat mampu membuat rambut bersih, tapi di sisi lain bisa merusak rambut.

Setelah beberapa hari tidak keramas biasanya membuat minyak cenderung menempel di kulit kepala, membuat rambut di sekitar wajah tampak kotor. Sebagian besar sampo pun akhirnya didesain untuk mengatasi minyak berlebih, yang menyebabkan rambut terlihat lebih bersih lebih lama.

Sama halnya dengan merawat kulit membersihkan kotoran, minyak, dan bau, maka sampo juga harus disesuaikan. Intensitas keramas masing-masing orang pun berbeda, tergantung karakter rambutnya.


Image Source : Cerpen.co.id

Keputusan tentang seberapa sering mencuci rambut, disesuaikan dengan karakter rambut. Jarang keramas akan membantu melestarikan minyak alami di kulit kepala dan menjaga agar rambut tetap lembab secara alami. Mencuci rambut setiap minggu cukup baik untuk orang dengan karakter rambut sangat kering.

Kondisi kulit kepala juga berpengaruh pada rambut. Orang dengan kulit kepala yang sangat kering cenderung tidak menghasilkan banyak sebum (pengatur keseimbangan kelembapan). Jarang mencuci rambut bisa membantu kulit kepala tetap sehat, mencegah gatal dan mengelupas, dan menjaga agar rambut tetap lembut dan berkilau.

Rambut akan lebih cenderung menjadi kering jika berada dalam keadaan tebal, keriting, penuaan, menggunakan bahan kimia seperti zat warna atau pelemas kimia. Sebaliknya, rambut bisa menjadi sangat berminyak beberapa jam setelah keramas, saat musim panas, atau setelah berolahraga.

Baca Juga!

Ternyata Mandi dengan Cara Seperti Ini, Bisa Bikin Diet Loh!

Cara Membuat Sirup Obat Batuk Herbal dengan Bahan Alami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here